Sejarah internet

Sejarah Internet

Apa itu internet ?

Pada awal mulanya internet dimulai pada tahun 1962 pada pertama kali dikemukakan oleh seseorang yang bernama J.C.R Licklider dari MIT(Massachutts Institute of Technology). Dia mengemukakan bagaimana jaringan global ini memungkinkan orang dapat mengakses data dan program yang dari mana saja.

Pada awalnya interet ini digunakan untuk keperluan militer. Pada saat itu departemen pertahanan amerika serikat membuar sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer didaerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan agar terhidar dari serangan nuklir maka dibutuhkannya akses program dari mana saja. Pada saat itu maka diciptakanlah proyek ARPANET(Advanced Research Project Agency Network)  yaitu merancang sebuah bentuk jaringan, kehandalan, dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan.

Pada tahun 1969 ARPANET telah melibatkan empat buah komputer yang terkoneksi.Koneksi tersebut dipecah menjadi 4 bagian, yaitu Standford Research Institue, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Dan tidak lama kemudian proyek ini semakin berkembang pesat diseluruh daerah, dan semua universitas diseluruh dunia ingin menggunakan proyek ini, sehingga menyebabkan ARPANET sulit untuk mengaturnya. Oleh karena itu pada saat itu ARPANET dibagi menjadi dua yaitu ‘MILNET’ dan ‘ARPANET’. Milnet digunakan untuk kebutuhan militer sedangkan Arpanet digunakan untuk ke berbagai macam universitas. Setelah itu koneksinya pun digabungkan lagi menjadi DARPA internet yang kemudia disederhanakan menjadi internet.

Jadi disimpulkan bahwa internet adalah seluruh jaringan yang terhubung baik di Indonesia maupun di dunia, tujuannya agar manusia dapat berinteraksi dan beromunikai dengan baik.

 

Sumber :

http://rohmatullahh.blogspot.co.id/2013/10/sejarah-internet-perkembangan-internet.html

http://yusufilham.web.ugm.ac.id/2015/09/12/sejarah-internet-di-dunia-dan-perkembangannya-di-indonesia/

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *