Sejarah Komputer

Sejarah Komputer

Pada awal mulanya komputer berasal dari kata ‘COMPUTE’ yang artinya menghitung. Artinya secara umum komputer bisa diartikan dengan  ‘mesin hitung’. Jadi pengertian komputer yang sesungguhnya adalah suatu alat menghitung dengan kontruksi elektronika yang mempunyai storage internal dan bekerja dengan bantuan Operating System menurut program-program yang di berikan kepadanya.

Sejarah komputer generasi pertama, pada mulanya komputer itu ditemukan oleh seorang ilmuan bernama Charles Babbage yang biasa disebut dengan Bapak Komputer Modern (Father of the Modern Computer), kecerdasannya logika matematikanya yang sangat istimewa sehingga mampu menciptakan sebuah mesin yang disebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, komputer ini pada mulanya berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan saja.

Ciri utama komputer generasi pertama : Menggunakan tabung hampa udara, Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memaki daya listrik yang besar, Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetik tape atau magnetik drum, Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin.

Lalu beberapa tahun selanjutnya, muncullah John V Atanasoff dengan komputer rancangannya, yang bernama (ABC) Atanasoff Berry Computer pada tahun 1932 yang kemudian setelah itu komputer dianggap resmi sebagai komputer elektronik yang pertama. Beberapa tahun selanjutnya lagi muncullah yang dinamakan (ENIAC) Electronic Numerical Integrator and Computer yang diciptakan oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert.

Lalu muncullah (UNIVAC) Universal Automatic Computer sudah menggunakan pita magnetik sebagai input dan outputnya. Merupakan komputer komersial pertama yang dipakai oleh Biro Sensus Amerika Serikat dan ini digunakan untuk menghitung sensus penduduk dan sebagai komputer yang pertama yang dipakai untuk tujuan aplikasi bisnis.

Selanjutnya, muncullah IBM 701 dan IBM650 yang merupakan komputer komersial berukuran besar, dan komputer ini sudah dilengkapi dengan magnetik drum untuk media penyimpanan luarnya.

Komputer generasi kedua ini mulai populer pada awal tahun 1960. Dengan memiliki ciri-ciri : Sudah mengguanakan transistor untuk sirkuitnya, Lebih kecil dari sebeumnya, Hemat energi dari generasi pertama, Menggunakan bahasa assembly. Contoh komputer generasi kedua yang dikembangkan saat itu adalah IBM 1401. Sebagian besar komputer ini digunakan untuk mengolah informasi keuangan.

Komputer generasi ketiga ini adalah :

  • IBM S/360 : Ini dirancang untuk bisnis dan teknik
  • GE 600 dan GE 235
  • NCR (National Cash Register)  Century

Komputer generasi keempat diciptakan pada tahun keempat (1971), ciri utama dari generasi ini adalah: Mulai dikembangkan komputer mikro yang menggunakan prosessor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh intel, menggunakan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan beribu-ibu IC (Integrated Circuit), Menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface). Contoh komputer generasi keempat :

  • Apple II : dikembangkan oleh Steven Jobs dan Steve Wozniak.
  • IBM PC

Komputer generasi kelima dikembangkan pada tahun 1985, ciri utama dari generasi ini adalah :

  •  Di jepang didirikannya ICOT (institute for new computer technology) ini didirikan untuk mengembangkan generasi kelima, yaitu dapat menciptakan komputer yang powerfull.
  • Setelah itu dikembangkan sistem komputer yang memiliki unsur intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural language.

Dari masa ke masa selalu saja manusia menemukan sesuatu yang baru dan lebih baik lagi dari sebelumnya, begitu pula halnya dengan penemuan peralatan komputer yang semakin lama semakin baru. Kemajuan yang telah dicapai oleh manusia telah mengubah bentuk dan efisien kerja dari komputer komputer tersebut dan bisa terbagi menjadi lima generasi komputer.

 

Link :

http://www.ilmusiana.com/2015/09/sejarah-komputer-dan-perkembangannya.html

https://www.sodagarkomputer.com/sejarah-komputer-generasi-pertama/

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *