Trend Cloud Computing

Trend Cloud Computing

Teknologi komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet awan. Dengan kata lain awan adalah metafora dari internet. Awan dalam Cloud Computing adalah suatu paradigma dimana informasi secara permanen tersimpan di server internet dan tersimpan secara sementara di pengguna, termasuk di dalamnya ada desktop, komputer, tablet dan notebook)

Cloud computing telah berkembang seiring dengan berjalannya waktu, sama seperti web dan internet. Tetapi Internet lebih lama muncul daripada cloud computing. Dan semakin hari terlihat bahwa pendorong utama cloud computing adalah karena adanya revolusi internet yang semakin maju. Di Indonesia kini sudah memanfaatkan cloud computing. Contoh perkembangan cloud computing yang sedang tenar saat ini adalah gojek, seperti diketahui pada umumnya kostumer dapat mendownload aplikasi gojek untuk memesan gojek di playstore atau applestore, dan kemudian server akan menerima pesanan melalui aplikasi tersebut.

Salah satu hambatan dengan menggunakan  komputasi awan di Indonesia adalah telah terjadi salah presepsi terhadap penggunaan layanan komputasi awan itu sendiri, karena banyak yang mengartikan bahwa layanan awan atau cloud, sebuah perusahaan seharusnya mampu menekan biaya pengembangan secara signifikan.Tetapi tujuan dari cloud computing ini dapat difungsikan atau digunakan untuk pengembangan sistem informasi yang lebih aman, dapat setiap saat diakses dimanapun berada, dan yang paling penting adalah pengguna korporasi tidak perlu membangun infrastruktur sekaligus menyediakan lokasi untuknya seperti pengadaan data center.

Tahap ini adalah awal dari perkembangan komputasi awan di Indonesia yang nantinya sisi bisnis apapun akan mengguakan layanan cloud computing karena dirasa lebih menguntungkan dengan membaiknya distribusi bandwith di Indonesia maka ini akan menjadi faktor penentu perkembangan komputasi awan di Indonesia. Pada masa ini segala sesuatu yang kita butuhkan dapat kita peroleh dengan memanfaatkan internet, dan didalam koneksi internet itu terdapat sebuah layanan yang memudahkan dengan kata lain cloud computing atau komputasi awan.

sumber :

https://pranoto0512.wordpress.com/rted/pengertian-komputasi-awan-cloud-computing/

https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *